10 Kebiasaan yang Paling Kuat untuk Sukses Hebat

10 Kebiasaan yang Paling Kuat untuk Sukses Hebat

10 Kebiasaan yang Paling Kuat untuk Sukses Hebat

Siapa sih yang tidak ingin sukses…?? Bahkan anak usia SD pun ingin “sukses”, yakni menjadi juara menyanyi, juara lari, atau sekedar murid terbaik di kelasnya.  Kalau anak usia sekolah dasar saja sudah mampu mendefinisikan arti sukses, maka sebagai seorang dewasa Anda pun akan lebih mampu mengartikan sukses.  Sukses Hebat yang menjadi kebanggaan akan diri sendiri.  Pada dasarnya kebiasaan hidup manusia sudah meminta kita untuk sukses, karena sukseslah yang membuat hidup menjadi lebih bergairah dan menyenangkan.  Sukses tidak melulu dapat diartikan sebagai pemenang atau juara. Akan tetapi sukses adalah pencapaian dengan mengalahkan diri sendiri.  Dan untuk itulah Anda perlu tahu 10 Kebiasaan yang paling Kuat pengaruhnya untuk dapat Sukses Hebat.

Sukses seseorang selalu terkait dengan kebiasaan sukses yang mereka lakukan, baik kebiasaan dalam mengurus diri sendiri, mengurus pekerjaan, atau bahkan mengurus orang lain.  Kebiasaan sukses akan selalu mendukung pencapaian seseorang dalam bidang apapun yang dikerjakannya.

1.  Belajar Cepat

Bagaimana caranya Anda dapat belajar dengan cepat?  Sekolah saja memerlukan waktu bertahun-tahun, dan belum tentu Anda paham akan yang dipelajari.  Sedangkan dalam dunia kerja, Anda harus belajar cepat kalau ingin sukses dalam karir.  Cara Belajar Cepat yang efektif adalah dengan selalu MEMBACA minimal 15 halaman buku NON FIKSI setiap HARI.  Semakin sering Anda membaca akan semakin cepat Anda paham dan semakin mudah Anda menerapkannya dalam kehidupan.

2.  Visualisasi

Belajar sesuatu yang baru akan terasa mudah jika Anda mampu mem-VISUALISASI-kannya.  Visualisasi adalah penggambaran dari pelajaran yang dihadapi.  Beberapa buku seperti Berpikir dan Menjadi Kaya karangan Napoleon Hill dapat membantu Anda belajar Visualisasi.

3.  Prioritas

Orang sukses selalu menguasai bidang kerja mereka.  Bill Gates dalam bidang teknologi, Mark Zuckerberg dengan Media Sosialnya, Warren Buffet dengan System Investasinya, dan orang besar dunia lainnya.  Mereka sukses dalam “satu” bidang yang sangat mereka MINATI dan KUASAI.  Jika Anda ingin menjadi orang yang sangat sukses, maka pilih bidang Anda, dan kerjakan dengan sungguh-sungguh.  Lakukan satu pekerjaan setiap hari dengan fokus, dan eksekusi dengan baik, serta tetapkan waktu penyelesaiannya.  Cara ini akan membuat Anda menjadi orang fokus, dan konsisten.  PEMBATASAN (Limitation) akan membuat KEPENTINGAN (Urgency), dan KEPENTINGAN akan membuat pekerjaan SELESAI (Done).

4.  Manajemen Uang

Orang sukses tidak akan membelanjakan uang hanya untuk memuaskan keinginannya, namun akan mengeluarkan uang hanya demi kebutuhan.  Untuk membantu Anda sukses, bacalah buku Robert T Kiyosaki, “Rich Dad Poor Dad”.   Buku Kiyokasi mengajarkan Anda arti uang dalam menggapai cita-cita dan kebahagiaan.

5.  Bangun Lebih Pagi

Orang sukses selalu berpikir di Pagi hari, bekerja di Siang hari dan istirahat di Malam hari.  Jika Anda bangun satu jam lebih awal, akan ada 365 jam setiap tahun atau setara 2 minggu untuk diberdayakan bagi pengembangan diri Anda.

6.  Tentukan Cita-cita

Jika keinginan Anda tidak tercapai, mungkin saja Anda sebenarnya tidak mempunyai cita-cita yang jelas.  Sehingga apa yang dikerjakan hanya sekedarnya saja, tanpa tujuan dan timeline yang jelas.  Buatlah GOALS dan tuliskan diatas kertas, ikutisetiap apa yang ditulis dan lakukan dengan komitmen tinggi.  Orang yang menuliskan goal akan mndapatkan 2 kali lebih banyak daripada orang lainnya yang tidak menuliskan.

7.  Olah Raga dan Diet Sehat

Olah raga tidak harus menguras energi hingga seharian atau berjam-jam.  Anda bukan seorang atlit yang perlu berlatih hingga 8 jam sehari, namun Anda adalah orang kebanyakan yang “hanya” perlu menjaga tubuh agar selalu fit dan bugar untuk beraktivitas.  Luangkan 30 menit setiap hari dengan berlari seputar rumah, atau jalan pagi di taman komplek, atau jika sempat ikutan klub kebugaran.  Selain itu selingi hidupa Anda dengan pola makan sehat, kaya serat dan rendah lemak.

8.  Bangun Kekuatan Anda

Setiap orang punya Kekuatan dan tentu pula punya Kelemahan.  Pola unik berlaku buat siapa saja, tanpa terkecuali.  Jangan malu dengan kelemahan dan jangan congkak dengan kekuatan dan kelebihan.  Kelemahan tidak perlu ditutupi, namun kekuatan harus makin diasah dan diberdayakan.  Coba lakukan Self Assesstment diri Anda, baik secara online (16personalities.com) atau melalui lembaga konsultasi khusus.

9.  Jejaring (Networking)

Orang sukses tidak bekerja sendiri, namun selalu berhubungan dengan kerjasama bersama orang lain dari bidang keahlian yang berbeda.  Perpaduan Skill and Knowledge yang berbeda akan memperkuat bisnis perusahaan Anda.  Buatlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan (mutualism) dengan orang-orang yang seide atau setipe Anda.  Buku Dale Carnegie “Bagaimana Mencari Teman dan Mempengaruhi Orang Lain” menunjukkan beberapa ide cara Anda berhubungan dengan orang.

10.  Karakter

Orang sukses punya Keahlian, Ketrampilan dan pastinya Karakter.  Karakter yang kuat akan menunjang performa Anda sebagai pribadi yang unik dan unggul.  Cari tahu karakter Anda dan tuliskan dalam sebuah daftar kepribadian, dan gunakan untuk memimpin Anda menjalani hidup yang sukses, berarti dan berguna.

10 Kebiasaan yang paling Kuat untuk Sukses Hebat bisa dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun.  Anda sebagai calon orang sukses perlu mempelajari kebiasaan ini, dan mempraktekkan dengan karakter dan perilaku sehari-hari.

Comments
  1. Endång Ermanto | Reply
    • Ikhtisar | Reply
  2. Nanang Rofiud Darojat | Reply

Leave a Reply